Nama : Irfan
Kurniawan Pratama Ardianto
NIM :
11410100101
Penilaian Kinerja
Proses mengukur
prestasi kerja pegawai berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan,
dengan cara membandingkan sasaran dengan persyaratan deskripsi pekerjaan yang
telah ditetapkan (Utomo, Tri Widodo)
Tujuan &
Manfaat
- Performance Improvement : memungkinkan pegawai dan manajer untuk mengambil tindakan yang berhubungan dengan peningkatan kinerja
- Compensation Adjustment: membantu pengambil keputusan untuk menentukan siapa saja yg berhak meneriman kenaikan gaji
- Placement decision: Menentukan promosi, transfer, dan demosi
- Training and Development needs: mengevaluasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan
- Career planning & development: memandu untuk menentukan jenis dan potensi karir yang dapat dicapai
- Staffing process deficiencies: mempengaruhi proses perekrutan pegawai
- Informational inaccuracoes and job-design errors: membantu menjelaskan kesalahan
- Equal employment opportunity: menunjukkan tidak adanya perbedaan/diskriminasi dalam penempatan
- External challenges: mengetahui faktor luar yg mengganggu kinerja pegawai
- Feedback: umpan balik untuk individu/perusahaan
Elemen Penilaian
Kinerja
Performance Standart
- Validitas: keabsahan standar penilaian (sesuai dan relevan dengan jenis pekerjaan yg akan dinilai)
- Agreement: standart penilaian disetujui dan diterima oleh semua pegawai
- Realistis: dapat dicapai sesuai dengan kemampuan
- Obyektif: Mampu mencerminkan keadaan yg sebenarnya tanpa menambah/mengurangi kenyataan
Criteria for Managerial Performance
- People-based criteria: dibuat berdasarkan kemampuan pribadi
- Product-based criteria: kriteria dibuat berdasarkan jenis output yang akan dicapai
- Behaviour-based criteria: dibuat berdasarkan perilaku-perilaku yg diharapkan sesuai dengan aspek-aspek hukum, dan etika
Performance
Measures
- Menggunakan sistem penilaian yg relevan
Sumber data untuk ukuran penilaian kerja :
- Data produksi (langsung/tak langsung)
- Data personalia :Ketidakhadiran, keterlambatan, masa kerja, lamanya pelatihan, kejadian lainnya.
- Pertimbangan lainnya : Hambatan politis (kejadian yang umum terjadi dalam organisasi), Hambatan antar pribadi (antar karyawan)
Masalah dalam
Penilaian Kinerja
- Liniency Effectharus berbuat baik pada pegawai
- Severity Effectharus menekan pegawai
- Halo Effectsatu aspek penilaian mempengaruhi aspek lainnya
- Central Tendencymenilai rata-rata
- Assimilation Effectpenilai cenderung menyukai pegawai yg mempunyai ciri-ciri atau sifat seperti mereka
- Differential Effect penilai cenderung menyukai pegawai yg mempunyai ciri-ciri atau sifat yg tidak ada pada dirinya
- Recency Effectmemberikan penilaian atas dasar perilaku yg baru disaksikan
0 komentar:
Posting Komentar