Jumat, 14 Juni 2013

Pengertian Routing

Kali ini saya akan memberikan sedikit pengertian tentang Routing.

  • Router adalah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya. melalui sebuah proses yang dikenal Routing.
  • Routing adalah sebuah proses untuk meneruskan paket - paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah antar jaringan (internetwork).
Routing Sendiri memiliki 2 bentuk yaitu :
  • Direct Routing (direct delivery); paket dikirimkan dari satu mesin ke mesin lain secara langsung (host berada pada jaringan fisik yang sama) sehingga tidak perlu melalui mesin lain atau gateway.
  • Indirect Routing (indirect delivery); paket dikirimkan dari suatu mesin ke mesin yang lain yang tidak terhubung langsung (berbeda jaringan) sehingga paket akan melewati satu atau lebih gateway atau network yang lain sebelum sampai ke mesin yang dituju.
Table Routing
Router merekomendasikan tentang jalur yang digunakan untuk melewatkan paket berdasarkan informasi yang terdapat pada Tabel Routing.

Semua informasi yang terdapat pada tabel routing dapat diperoleh secara static routing melalui perantara administrator dengan cara mengisi tabel routing secara manual ataupun secara dynamic routing menggunakan protokol routing, dimana setiap router yang berhubungan akan saling bertukar informasi routing agar dapat mengetahui alamat tujuan dan memelihara tabel routing.

Penggunaan Router
  1. LAN to LAN Connectivity
  2. LAN to WAN Connectivity
  3. Remote Acces
Jenis - jenis konfigurasi Routing
  1. Minimal Routing adalah konfigurasi yang paling sederhana tapi mutlak diperlukan. Minimal routing dipasang pada network yang terisolasi dari network lain.
  2. Statik Routing adalah Konfigurasi routing yang biasanya debangun dalam network yang hanya memiliki beberapa gateway umumnya tidak lebih dari 2 atau 3. Static routing dibuat secara manual pada masing-masing gateway.
  3. Dynamic Routing adalah Sebuah network diaman terdapat jalur routing yang lebih dari satu router untuk mencapai tujuan yang sama dan selain itu network besar yang terdapat lebih dari 3 gateway.
Nah Mungkin Sedikit pengetahuan yang bisa saya share,  Semoga bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar