Selasa, 11 Oktober 2011

Teknologi Kolaboratif

Komunikasi. komunikasi computer adalah Proses dimana dua atau beberapa  komputer  atau perangkat memindahkan data, perintah, dan informasi.
Adapun beberapa contoh penggunaan teknologi komunikasi yaitu Voice mail, Fax, E-mail, Chatroom, Instant Message, FTP, Newsgroup, Telephony, Videoconference, Groupware, Global Positioning System (GPS)
Kemudian Jaringan adalah Sekumpulan komputer dan perangkat yg saling berhubungan melalui perangkat komunikasi dan media transmisi.
Didalam jaringan ada yang namanya LAn ( local area network ) Jaringan yg menghubungkan beberapa komputer  diwilayah yg geografisnya terbatas, seperti rumah, laboratorium, dan kantor yg berdekatan.
Dan ada juga yang namanya Topologi. Topologi adalah Konfigurasi komputer dan perangkatnya dalam jaringan komunikasi. Yang sering banyak digunakan adalah topologi bus, topologi ring dan topologi star.
-          Topologi bus adalah Topologi yang terdiri atas kabel pusat tunggal , dimana seluruh komputer  dan perangkatnya saling berhubungan. Topologi ini murah dan mudah diinstall.
-          Topologi Ring adalah Sebuah kabel bentuk cincin tertutup atau loop, dengan semua komputer dan perangkat diatur sepanjang ring. Data perjalanan dari perangkat ke perangkat diseluruh cincin.
-          Topologi star adalah Sebuah perangkat yang terhubung ke komputer pusat / hub. Semua data yang transfer dari satu komputer ke komputer lain melalui hub.

Groupware adalah Software yang menyediakan dukungan kolaboratif bagi kelompok dan aplikasi yang mendukung  waktu/tempat yang berbeda . Paling banyak menggunakan Teknologi Internet.
Adapun beberapa groupware yang popular adalah
-         -  Lotus Notes / Domino
-          - Microsoft  Netmeeting
-          - Groove Workspace
-          - Group Systems Meeting Room and OnLine
-          - WebEx
Bila menggunakan metode ini ada keuntungan dan masalahnya
Keuntungannya
-          -  Process gains              
 Teknik Kelompok Nominal    
 Metode Delphi
-         -  Teknologi yang diaplikasikan sebagai GSS   
 Kombinasi Hardware and software untuk meningkatkan groupwork
 Komputasi kolaburorasi

Masalahnya
-          - Process losses
-          - Tidak efisien

0 komentar:

Posting Komentar