Selasa, 11 Oktober 2011

Konsep dan Manajemen Teknologi Informasi

Konsep sistem informasi adalah Sekumpulan orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi  dan data yang saling terkait  dan   bertujuan untuk  mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan   informasi untuk  mendukung pengambilan keputusan,  koordinasi, dan pengendalian.
Dibutuhkannya infrastruktur TI Dalam teknologi informasi dan Internet, infrastruktur adalah perangkat keras (fisikal) yang digunakan untuk menghubungkan komputer dan pengguna.
Biasanya infrastruktur yang ideal adalah sebagai berikut
1.      TI menjadi key operational
2.      TI menjadi competitive advantage
3.      TI menjadi key enabler

Berikutnya mengenal mainframe. Mainframe adalah komputer yang berukuran  besar dan kuat yang digunakan terutama oleh organisasi-organisasi besar untuk aplikasi kritis. Mainframe memiliki prosesor lebih dari satu, sehingga lebih cepat dibanding dengan mini computer.
Berikutnya adalah PC komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal).
Keunggulan harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat popular.
Contohnya Desktop ,Notebook/ Laptop, PDA/ Pocket Computer

Ini adalah Midrange computer atau komputer mini.
Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal computer.
Contohnya IBM AS-400

Dalam manajemen dibutuhkan Distributed Computing. Ini adalah bidang ilmu komputer yang mempelajari sistem terdistribusi. Fungsi sistem terdistribusi untuk memecahkan masalah komputasi.
Tujuan dari komputasi terdistribusi adalah menyatukan kemampuan dari sumber daya (sumber komputasi atau sumber informasi) yang terpisah secara fisik, ke dalam suatu sistem gabungan yang terkoordinasi dengan kapasitas yang jauh melebihi dari kapasitas individual komponen-komponennya.
Berikutnya adalah Arsitektur Peer-to-peer (P2P) dan web applikasi
Peer-to-peer (P2P) adalah arsitektur aplikasi terdistribusi yang  tugas atau beban kerja sama rata.
Web applikasi adalah aplikasi yang diakses melalui jaringan seperti Internet atau intranet.
Contohnya webmail, penjualan ritel online, lelang online, wiki, dll
Di dalam web applikasi juga ada internet yaitu sebuah sistem komuniasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Kemudian intranet yaitu sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP. Dan yang terakhir adalah ekstranet yaitu jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain, contohnya adalah lotus notes.
Dan ada juga E-Commerce yaitu proses transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet.
Kemudian ada yang bernama Grids Computing yaitu salah satu dari tipe Komputasi Paralel, adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer terpisah secara geografis namun tersambung via jalur komunikasi (termasuk Internet) untuk memecahkan persoalan komputasi skala besar.

0 komentar:

Posting Komentar